Minggu, 16 Agustus 2009

Sang Juara Lomba APBN tingkat Nasional


Mutiara Hapsari, sang Jawara Lomba Artikel APBN Tingkat Nasional 2008. Siswi kelas XII IPA 5 SMAN 1 Makassar ini mengaku gak sempat belajar Kimia loh gara-gara persiapan tersebut. "Wah, stres banget! Setiap waktu yang saya pelajari materi-materi lomba APBN, padahal saat itu bakal ada ujian Kimia lagi," ujarnya.Namun dengan persiapan hanya satu minggu dan berkat dukungan plus bantuan dari sang ayah, semuanya bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.Selama berlomba di Jakarta ada banyak pengalaman seru yang didapatkan keempat anak muda berprestasi ini. Sebelum bertanding dengan tim dari delapan kota lainnya, ternyata utusan Kota Makassar merupakan salah satu peserta yang diunggulkan setelah Pekanbaru."Kami gak terlalu nervous, karena kita merasa pergi bertanding dengan persiapan yang lebih dari cukup. Bahkan waktu di sana ternyata banyak juga yang mnejagokan tim kita," cerita Azhar yang diamini oleh kedua temannya.Doa dan support menjadi kunci keberhasilan bagi mereka. Tetesan air yang tak terbendungkan dan perasaan haru bercampur bangga sempat menyelimuti mereka saat malam penobatan waktu itu. "Awalnya kita hanya bertarget juara III, eh malah dapat juara I. Alhamdulillah banget," .Mutiara pun sangat bersyukur karena selama lomba berlangsung dirinya sedang sakit sariawan. Bahkan sempat harus menahan sakit berbicara saat presentasi di hadapan dewan juri. "Alhamdulillah semua berkat Allah SWT," tandasnya.setelah sukses mengantarkan Mutiara Hapsari dari SMAN 1 Makassar sebagai juara satu lomba menulis artikel dan Azhar Lagarenna cs dari SMAN 5 sebagai juara satu lomba debat tingkat nasional pada Lomba Membaca APBN 2008 tingkat SMA, tahun ini Fajar bekerjasama dengan Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Pusat, kembali menggelar penyisihan Lomba Membaca APBN 2009.

Selasa, 24 Maret, digelar technical meeting di Lantai 4 Fajar Graha Pena. Hadir panitia pusat yang juga Ketua SPS Pusat Asmono Wikan yang menjelaskan bagaimana tekhnis lomba. Menurut Asmono, lomba tersebut bertujuan meningkatkan minat membaca generasi muda. Selain itu diharapkan para generasi muda itu memiliki kesadaran, pengetahuan dan pikiran kritis mencermati isi APBN tersebut.

Ketua Panitia Lokal Makassar, Irwan Zainuddin mengungkapkan, kegiatan penyisihan untuk wilayah Makassar, akan digelar 1 Mei mendatang. Jika tahun lalu pesertanya hanya dari lingkup Kota Makassar, kali ini kata Irwan, pesertanya juga berasal dari luar kota seperti, Palopo, Barru, Parepare, serta Sinjai.

Peserta yang terdaftar kata Irwan sudah 45 sekolah. Sekolah yang menang dalam penyisihan tersebut, akan mewakili Sulsel ke tingkat nasional yang rencana digelar Juni 2009.

Dalam technical meeting, Asmono Wikan menjelaskan, ada lima tema yang disiapkan dalam lomba membaca APBN tersebut, yakni, anggaran pendidikan di APBN, subsidi BBM di APBN, komposisi pembiayaan di APBN, reformasi birokrasi Departemen Keuangan, dan upaya menggenjot pajak di APBN. Peserta bebas memilih salah satu tema tersebut.

Menurut Asmono, untuk lomba artikel, judul bebas sesuai tema, jarak 1,5 spasi, minimal 3 halaman di luar halaman biodata dan daftar pustaka, menggunakan font Times New Roman ukuran 12, dan dikirim via email ke olimpiadeapbn@spsindonesia.or.id dan olimpiadeapbn@yahoo.com.

"Kami tidak menerima naskah yang dikirim melalui surat, harus melalui email dan paling lambat diterima 28 April," ujar Asmono.

Sementara untuk lomba debat, tema ditentukan moderator. Dalam lomba debat kali ini, panitia memberlakukan sistem peringkat atau rangking. "Dalam penyisihan, kita akan ambil sepuluh besar, jadi tidak menutup kemungkinan ada lebih dari satu peserta yang bisa mewakili satu daerah," ujar Asmono.

dikutip dari : http://sman1mks.sch.id/html/index.php?id=berita&kode=8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar